Rabu, 07 Maret 2012

GUI Pada Java

GUI (Graphical User Interface), memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer
secara lebih baik. Pengguna berinteraksi dengan berbagai elemen grafis,diantaranya: button, dialog box, menu, dsb. Sejak 1994 Sun Microsystem berupaya untuk membuat JAVA memiliki perangkat bergaya
desktop dengan ToolkitJAVA yang dikenal sebagai AWT (Abstract Windowing Toolkit). Tahun 1997, muncul JFC (Java Foundation Class) untuk kepentingan pembuatan aplikasi Window yang merupakan pengembangan dari AWT. JFC mempunyai kode swing yang terdapat pada package yang disediakan pada JAVA SDK versi 1.2 ke atas (JAVA 2). JAVA menyediakan dua graphical library:
  • AWT (Abstract Windows Toolkit)
  • Swing
Contoh:
  •  import java.awt.* ; 
  • Import java.awt.event.* ;
  • Import javax.swing.* ;  

Graphical Object:
  1. Container (tempat), obyek yang dapat menampung komponen grafis dan tempat yang lebih
    kecil. Contoh: frames, panels.
  2. Component, obyek grafis yang berfungsi untuk menampilkan data, menerima masukan, atau
    menunjukkan suatu kondisi. Contoh: buttons, labels, text fields.
  3. Event, obyek yang merepresentasikan suatu kejadian. Contoh: gerakan mouse, penekanan tombol.
  4. Listener, suatu obyek yang menunggu suatu kejadian khusus dan akan bereaksi (melakukan
    sesuatu) jika kejadian tersebut terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar